SEKILAS INFO :

SELAMAT DATANG DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN PAUH, Melayani dengan sepenuh HATI (H = Hiasi diri dengan Salam, Senyum dan Sapa, A = Amanah dalam melaksanakan tugas, T = Tekun dan Terampil dalam bekerja, I = Ikhlas dalam melayani masyarakat)

SOP Pelayanan


A. Posedur dan Tatacara Pelaksanaan Nikah di Balai Nikah
(Dengan Biaya RP. 0,-)


1.    Calon Pengantin Atau Wali Datang Ke Kua Untuk Mengambil Blanko Model N1 S/D N7 Serta Mengisi Blanko Tersebut.

2.    Membawa Blanko Tersebut Beserta Kelengkapan Administrasi Lainnya Ke Kantor Desa/Kelurahan Untuk Meminta Pengesahan Dari Kepala Desa/Lurah.

3.    Calon Pengantin/Wali Mendaftarkan Persyaratan Tersebut Ke Kantor Urusan Agama Kecamatan Dan Divalidasi Oleh Petugas Penerima Pendaftaran.

4.    Pendaftaran Dilaksanakan Minimal 10 Hari Sebelum Pelaksanaan Akad Nikah.

5.    Menghadiri Kursus Calon Pengantin Sesuai Denga Jadwal Yang Telah Ditetapkan.

6.    Pelaksanaan Akad Nikah Dapat Dilakukan Selama Hari Kerja (Senin S/D Jum’at) Dan Pada Jam Kerja Dari Pukul 08.00 S/D 14.00 ( Pukul 12.00-12.30 Istirahat).

7.    Mengingat Keterbatasan Tempat Dan Personil, Kua Dalam Satu Hari Hanya Melayani 7 Pasangan Nikah.

8.    Pada Saat Pelaksanaan Akad Nikah :
a.    Kedua Calon Pengantin Datang Ke Balai Nikah Kua Beserta Dengan Wali Dan Minimal Dua Orang Saksi. Boleh Juga Menghadirkan Pembaca Khutbah, Doa Serta Orang Yang Menerima Taukil Dari Wali Nikah.
b.    Pemeriksaan Nikah Dilakukan Oleh Petugas Sesuai Dengan Tugas Sebagai Ppn.

c.    Pelaksanaan Ijab Qabul Dilaksanakan Oleh Wali Atau Wakil Yang Ditunjuk Dihadapan Ppn/Penghulu. 

1 komentar:

  1. Ass. Buk, pak. Saya mau nanya.. apakah bisah,mengurus NA dgn kk dan ektp yg berbedah alamat..?? Di karna kan pengurusan pergantian alamat di ektp me makan waktu yg cukup lama. Sdgkan ektp kan data nya sd online.?? Trmksih. Dan mhon penjelasan nya..

    BalasHapus